HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML merupakan bahasa pengkodean yang digunakan dalam membuat halaman web agar dapat ditampilkan melalui web browser. Melalui HTML ini, suatu halaman web dapat diciptakan yang berisi rangkaian informasi berupa teks disertai dengan objek pelengkap seperti gambar, animasi, sampai dengan file mutimedia seperti audio dan juga video.

Meskipun halaman HTML fungsi utamanya adalah membuat sebuah halaman website. Namun dapat digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya untuk menyusun buku digital, presentasi, kepentingan bisnis, atau membuat dokumentasi. Kemudian hasil dari halaman HTML tersebut disimpan. Dan di kemudian hari, halaman tersebut dapat dibuka via web browser pada sembarang komputer.

Berikut ini logo dari HTML5 :

html5

Desain web dan pemrograman web tidak dapat terlepas dari peranan HTML. Untuk membuat suatu halaman website, hal yang pertama harus dipelajari adalah teknik penyusunan dokumen dalam format file HTML. Adapun bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat sebuah halaman web, semuanya akan menghasillkan output kode HTML pada saat ditampilkan di browser.

Perkembangan HTML

HTML saat ini sudah menjadi bahasa standar untuk menampilkan halaman web. Kehadiran HTML tidak terlepas dari perkembangan internet itu sendiri. HTML hadir mengiringi kelahiran salah satu internet yang disebut dengan World Wide Web (WWW), atau lazim yang disebut dengan web. Teknologi web melengkapi teknologi lain yang sudah ada di internet sebelumnya seperti layanan E-mail (Simple Mail Transfer Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol). Web pertama kali diperkenalkan oleh Timothy Jhon Berners Lee pada tahun 1991. Teknologi web merupakan suatu sistem pembuatan dokumen yang saling terkait satu dengan lainnya atau yang sering disebut hyperlink.

Tiga dasar yang dikembangkan oleh Timothy Jhon Berners Lee untuk web adalah :

  1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), yaitu protokol yang mendasari pertukaran informasi di layanan web
  2. URL (Uniform Resource Locator), yaitu identifikasi sebuah sumber informasi di web melalui sederet karakter tertentu. Sekarang ini biasa disebut dengan alamat website.
  3. HTML (Hyper Text Markup Language), yaitu sebuah bahasa untuk mempublikasikan informasi di web dalam bentuk tag.

Seperti layanan internet lainnya, web menggunakan jaringan client-server. Sekumpulan dokumen ditempatkan di server dapat diakses di komputer client dengan menggunakan program yang disebut dengan web browser. Agar dokumen bisa saling berhubungan dan dapat diakses via web browser, maka digunakanlah HTML. HTML sendiri dikembangkan oleh bahasa SGML (Standard Generalized Markup Language), yang sebelumnya banyak digunakan pada dunia penerbitan dan percetakan. HTML selanjutnya disempurnakan di setiap versi terbarunya.

Pengembangan HTML sendiri pada awalnya berada pada badan internet yang bernama IETF (Internet Engineering Task Force). Kemudian pengembangan versi-versi selanjutnya berada di bawah badan W3C (World Wide Web Concortium). Pada HTML5, sejumlah fitur baru diberikan dan ada beberapa perubahan tertentu, diantaranya :

  • Diperkenalkan elemen semantic, yaitu elemen yang penamaannya disesuaikan dengan fungsinya.
  • Diperkenalkan fitur untuk menggambar.
  • Diperkenalkan elemen multimedia audio dan video
  • Sejumlah elemen form memiliki tag baru, atribut baru, dan tipe baru dari atributnya.
  • Penyederhanaan penulisan kode (sintaks), seperti tipe Doctype sekarang sudah dipersingkat, tidak panjang seperti sebelumnya. Penulisan atribut boleh menggunakan tanda petik ataupun tidak.
  • Sejumlah tag pada HTML versi sebelumnya sudah tidak digunakan lagi (deprecated).

noteCatatan : Karena banyaknya perubahan yang sudah dilakukan pada HTML5, sebagai konsekuensinya web browser dengan versi yang tidak mendukung HTML5 tidak akan menampilkan halaman web secara sempurna. Agar halaman web pada HTML5 bisa berjalan sempurna maka browser harus diupdate dengan versi HTML terbaru.

09 Agt 2020

facebook twitter google plus whatapp linkedin pinterest

Daftar Isi HTML